Tak Hanya Artis, Dede Yusuf Setuju Syarat Caleg Diperketat

DY Metal

Dede Yusuf merupakan salah satu artis yang sukses bertransformasi menjadi politisi dan pejabat publik.

 

JAKARTA – Wacana pengetatan syarat calon legislatif dari kalangan artis oleh Kemendagri memunculkan pro dan kontra. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Dede Yusuf setuju dengan wacana itu.

“Saya setuju ya jadi gini pada dasarnya masuk jadi caleg harus paham tata negara, paham aturan, harus paham isu, cukup panjang artinya pengkaderan itu,” kata Dede di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Dede Yusuf juga merupakan aktor laga. Karirnya di bidang politik mencuat saat terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, mendampingi Ahmad Heryawan pada periode sebelumnya. Kini Dede duduk sebagai wakil rakyat dan menjadi Ketua Komisi IX DPR.

Menurut dia proses kaderisasi dari partailah yang menentukan layak atau tidaknya seorang artis jadi caleg.Sebelumnya Kemendagri usul agar caleg dari artis menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya satu tahun.

Dede menilai jenjang waktu itu juga harus dimanfaatkan untuk terjunke masyarakat.”Artis memang sering terjun ke masyarakat, tapi konteksnya berbeda, dia dibayar untuk tampil. Kalau ini, mereka bisa benar-benar terjun ke masyarakat agar tidak blank pemahamannya tentang daerah pemilihannya,” tutur Dede.

Tetapi menurut dia tak hanya pekerja seni saja yang harus demikian. Kalangan pengusaha pun harus diketatkan syaratnya agar tak sekadar punya uang lantas jadi anggota dewan.  (detik.com)

Luki Luk