Bus Jemaah Haji Tanpa Toilet, DPR Janji Tegur Garuda Indonesia

novairiansyah-1503386969535

JAKARTA – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menggelar pertemuan dengan Panitia Kerja (Panja) Kesehatan Haji, Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, di Asrama Haji Banda Aceh, Senin 21 Agustus 2017.

Rombongan Panja Kesehatan Haji DPR RI dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Effendi, didampingi Direktur Kepatuhan, hukum dan Hubungan Antar Lembaga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pusat dan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa sarana bus penjemputan jemaah calon haji yang hendak berangkat dan jemaah haji yang sudah pulang ke tanah air, tidak dilengkapi dengan toilet. Dengan waktu tunggu di dalam bus mencapai hingga 2 jam, maka dikhawatirkan menahan buang air akan berpengaruh bagi kesehatan jemaah haji. Bus penjemputan jemaah merupakan tanggungjawab Garuda Indonesia.

Dede Yusuf berjanji akan menegur manajemen Garuda untuk membenahi hal tersebut. “Nanti tolong diingatkan untuk membuat hasil temuan kepada tim pengawas haji, karena di dalamnya ada juga Komisi V DPR RI untuk menegur Garuda Indonesia, yang menyediakan bus-bus tanpa toilet, karena alokasi anggaran transportasi ini cukup besar,” katanya. (Tempo.co)

Luki Luk